About

Biodata

 

Agus R. Sarjono, lahir di
Ban­dung, 27 Juli 1962. Menyelesaikan studi pada Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia IKIP Bandung; dan Kajian Sastra, Fakultas Ilmu Budaya UI. Se­ma­sa mahasiswa ak­tif di Unit Pers Ma­ha­sis­wa IKIP Ban­dung se­ba­gai ke­­­tua (1987-1989). Me­­nu­lis sajak, cer­pen, dan esai yang dimuat berba­gai koran, majalah, dan jurnal ter­ke­mu­ka di Indo­ne­sia,
Ma­lay­­sia, dan Brunei Darussa­lam. Sajak-sajaknya telah diterjemahkan ke dalam bahasa Ing­gris, Belan­da, Perancis, dan Jerman, serta dimuat di jurnal ne­geri-negeri tersebut.

Selain mengikuti workshop puisi seperti Asean Writers’ Conference/Workshop (Poetry) di Manila (1994); Agus juga pernah menjadi tutor/pendamping penyair Indonesia da­lam Bengkel Puisi Majelis Sastera Asia Tenggara di Jakarta (1997). Sesekali diundang membacakan sajak-sajak­nya da­lam beberapa festival inter­nasional, al: Istiqlal In­ter­­­nati­onal Poetry Reading di Jakarta (1995), Festival Seni Ipoh ke-III di Negeri Perak, Malaysia (1998); Malam Puisi Indo­ne­sia-Belan­da di Erasmus Huis (1998); Festival de Winter­nach­ten di Den Haag, Belanda (1999; 2003), Malam Indo­nesia, Paris (1999); Festival internasional Poetry on the Road, Bremen (2001), internasionales literaturfestival, Berlin (2001), dan Puisi Internasional Indonesia di Makassar dan Bandung (2002).

Berkali-kali Agus diundang pula menjadi pema­kalah di ber­bagai event sastra, antara lain: “Mim­bar Pe­nya­­ir Abad 21”, di TIM (1996); “Pertemuan Sastrawan Nusan­­tara IX/Per­te­mu­an Sastra­wan Indonesia 1997”, di Suma­tera Barat; “Per­temuan Sas­tra­­wan Nusantara X/Per­te­mu­an Sastrawan
Malaysia I”, di Johor Bahru (1999); dll.

Selain menjadi editor sejumlah buku, antara lain: Saini KM: Puisi dan Beberapa Masalahnya (1993); Catatan Seni (1996); Kapi­ta Selekta Teater (1996); Pembebasan Budaya-bu­da­ya Kita (1999); Dari Fansuri ke Handayani (2001); dan Horison Sastra Indonesia (2002);  Horison Esai (2003); Malam Sutera: Sitor Situmorang (2004);  Teater Tanpa Masa Silam: Arifin C. Noer (2005); Poetry and Sincerity (2006);  juga menulis beberapa cerpen. Salah satu cerpennya termasuk dalam cerpen pilihan Kompas 2003.

Bukunya esainya yang telah terbit antara lain: Bahasa dan Bonafiditas Hatu (2001), dan Sastra dalam Empat Orba (2001). Buku dramanya adalah Atas Nama Cinta (drama, 2004).

Sajak-sajaknya telah terbit dalam puluhan an­to­logi di Indonesia, serta terbit pula di Manila, Seoul (Ko­rea Selatan), Bremen dan
Berlin (Jerman), serta telah diterjemahkan ke dalam bahasa Inggris, Belanda, Jerman, Perancis, Serbia, Arab, Korea, dan China. Kumpul­an sajaknya adalah Kenduri Air Mata (1994; 1996); A Story from the Land of the Wind (1999, 2001); dan Suatu Cerita dari Negeri Angin (2001; 2003). Buku puisinya terbit dalam edisi Jerman terbit di
Berlin dibawah judul frische knöckhen aus Banyuwangi (2002). Buku puisinya yang terbaru adalah Diterbangkan Kata-kata (2006).

Ia juga sesekali me­ner­­je­mah­­kan sajak. Yang telah ter­bit antara lain: Kepada Urania, Joseph Brodsky (1998) dan Impian Kecembu­ru­an Seamus Heaney (1998). Bersama Berthold Damshauser menjadi editor Seri Puisi Jerman dan menerjemahkan beberapa, antara lain: Zaman Buruk bagi Puisi, Berthold Brecht (2004); Candu dan Ingatan, Paul Celan (2005); Satu dan Segalanya, Johann Wolfgang von Goethe (2007).    

Agus adalah salah seorang Ketua DPH Dewan Kesenian Jakarta (DKJ) periode 2003-2006. Sebelumnya ia adalah Ketua Komite Sastra DKJ periode 1998-2001. Sehari-hari­nya ia bekerja sebagai pengajar pada Ju­rus­­an Teater Sekolah Tinggi Seni Indonesia (STSI)
Ban­dung, serta men­­jadi redaktur Majalah Sastra Horison. Sejak Februari hingga Oktober 2001, Agus tinggal di Leiden, Belanda sebagai writer in residence atas undangan Poets of All Nations serta peneliti tamu pada International Institute for Asian Studies (IIAS), Universitas Leiden. Ia juga pernah diundang sebagai penyair tamu di Heinrich Böll Haus, Langenbroich, Jerman sejak Desember 2002 hingga Maret 2003. Dalam masa itu ia diundang berdiskusi dan membacakan puisi-puisinya di berbagai universitas terkemuka dan pusat-pusat kesenian di Jerman.

Sejak 6 tahun yang lalu ia adalah salah seorang instruktur sastra bagi para guru se-Indonesia. Ia juga anggota Majelis Sastra Asia Tenggara. 

48 pemikiran pada “About

  1. pak,
    boleh tidak saya bacakan karya nya di bus kota.
    saya pengamen.

    @ wha pengamen ya? Boleh-boleh. Aku jadi ingin dengar

  2. Jombang, 24 Juni 2007

    Dengan hormat,

    Saya masih pemula dalam hal menulis. Sebagai penulis pemula, tentunya saya ingin belajar banyak menulis dan belajar menulis banyak dari Penulis hebat plus produktif seperti Anda.

    Untuk itu, ijinkan saya kirimkan beberapa cerpen saya ke email Anda. Agar kiranya Anda berkenan membacanya. Dan tentu saja kemudian menanggapainya.
    Beperapa cerpen saya telah diterbitkan di Majalah Kakilangit.

    Segenap perhatian dan bimbimnga Anda adalah semangat bagi saya.

    Hormat saya,

    Muhammad Taufiq
    sedekahbumi@yahoo.co.id
    Blog: risalahtaufiq.multiply.com

  3. MnruT Saya Sajak kak Aguzh tLaLu panjang. Knp gk yg simpLe n jeLas aj kyk sajak ny ChairiL AnWar. Jd gk cmA mahAsiswa n Umum aj yg menGerti. PeLajar sMp atw sMa pun bisa mengerti karya” emAs kak Aguz. Syukur” karyany bisa jd bAhan mata peLajaran di bAngku sek0Lah. Muph y tp tiap oRg buTuh kriTik sbgai bAhan pembenAhan diri

  4. Hai..saya juga pernah ikut MMAS di LPMP Banjarbaru Kalimantan Selatan. Malah jadi peserta terbaik mengalahkan 29 rival…(ga nyangka, beneer..) katanya mo dihadiahi jalan-jalan dan ikut seminar di Singapura. Apa iya ya? Gmn khabar.. sehat aja kan? jangan lupa makan yang banyak ya?

  5. Pak Agus, sahabat saya Ibu Ingrid Dumpel pernah menyebut nama Bapak ketika beliau berkunjung ke Indonesia pada bulan Maret lalu. Jika benar Bapak yang dimaksud beliau sebagai sahabatnya seorang penyair, mohon dapat memberikan sesuatu e-mail atau alamat pos yang dapat saya hubungi. Terima kasih.

  6. assalamualaikum.
    salam dari Tanah Jambi
    Mas Agus yang berbahagia.

    Saya Ahmad Farid peserta pelatihan menulis essay dan kritik sastra pada TSI-1 di Jambi 2008 lalu.

    kapan-kapan mampir lagi ke Jambi ya Mas.

    ohya, saya ada sedikit pertanyaan, bagaimana cara mengirimkan naskah ke Horison?

    Terimakasih ya Mas.

    wassalamualaikum

  7. Perkenalkan Pak Agus nama saya Cynthia. Pertama kali saya mengenal nama Bapak yaitu ketika pada awal semester kuliah saya disuruh menganalisis cerpen yang berjudul “Prajurit Jatiman.” Kebetulan saya sangat suka dengan cerpen Bapak tersebut. Beberapa waktu yang lalu saya pernah mendengar di salah satu stasiun radio kalau Bapak sedang berada di Jerman. Rasanya bangga sekali mendengarnya….. Saya tunggu karya-karya Bapak selanjutnya🙂

  8. Pak, pada tahun 2001 saya pernah menampilkan teater yang bertajug Doa Iblis Suatu Malam di sekolah
    yang di ambil dari salah satu karya anda
    Saya amat terkesan dengan puisi tersebut hingga membekas sampai sekarang
    Namun, saat ini saya kesulitan untuk mendapatkan puisi itu
    kalau boleh tau, sudikah kiranya Pak Agus memberi tahu saya dimana saya mendapatkan puisi “Doa Iblis Suatu Malam”?

    Terima kasih
    Aris

  9. Mas Agus,saya pakai “Sajak Palsu” untuk bahan Analisis Wacana, diperbolehkan ya…

    Mas, seingat saya dulu waktu kelas 3 SMA Mas Agus pernah bertandang ke sekolah saya bersama Om Joni ( SMA N 1 Pemalang)…
    Sekarang saya sudah semester 6 ambil Jurusan yang sama seperti Mas Agus, ada semangat menulis yang tertular sejak bertemu dulu, tapi sayang saya masih sangat malu untuk mempublikasikannya.

    Saya ingin Mas Agus bisa membaca beberapa puisi saya.

  10. Salam kenal dari siswa-siswi SMPN 2 Kusan Hulu
    Dalam kesempatan ini kami selaku Kepala SMPN 2 Kusan Hulu mewakili warga sekolah sangat mengharapkan agar Bapak Agus R. Sarjono dapat menyumbangkan buku-buku kumpulan puisinya untuk bahan apresiasi sastra sebagai salah satu kegiatan ekstrakurikulir di sekolah kami. Sumbangan dapat di alamatkan ke SMPN 2 Kusan Hulu, Jl. Valgosons 57 Teluk Kepayang, Kec. Kusan Hulu, Kab. Tanah Bumbu 72272 Kalimantan Selatan
    Demikian dan terima kasih

  11. Aku sangat mengagumi sosok dirimu AGUS R SARJONO yg lahir di kota Bandung pd tgl 27 juli 1962….
    Aku mengenal sosok dirimu sejak aku membaca buku ciptaan mu yg berjudul
    DITERBANGKAN KATA KATA
    enam kumpulan sajak …
    sejak itu aku terus belajar dan belajar .. karena bermotifasi untuk manjadi orang sukse separti dirimu AGUS R SARJONO…
    aku mohon beliau jangan berhenti untuk berkarya….
    semoga aku bisa bertemu dengan dirimu AGUS R SARJONO…..baik dalan mimpi/kemyatan

  12. Aku sangat mengagumi sosok dirimu AGUS R SARJONO yg lahir di kota Bandung pd tgl 27 juli 1962….
    Aku mengenal sosok dirimu sejak aku membaca buku ciptaan mu yg berjudul
    DITERBANGKAN KATA KATA
    enam kumpulan sajak …
    sejak itu aku terus belajar dan belajar .. karena bermotifasi untuk manjadi orang sukse separti dirimu AGUS R SARJONO…
    aku mohon beliau jangan berhenti untuk berkarya….
    semoga aku bisa bertemu dengan dirimu AGUS R SARJONO…..baik dalan mimpi/kemyatan

  13. selamat siang pak agus… saudara saya punya dua buku goethes th 1910 mau di jual
    1.judulnya “leben im barten am stern von wilhelm bode”
    2. GEDICHTE.
    klw minat silahkan hubungi saya nanti saya kirim foto2 bukunya
    terima kasih

  14. kepada
    yth:bapak agusr.sardjono
    di
    tempat
    Dengan hormat
    Bersama ini Saya mengucapkan banyak terima kasih karena mendapat kesempatan bisa berkomunikasi lewat akses internet untuk menambah khasanah cakrawala pemikiran dibidang sasra dengan bapak.
    Jika anda tidak keberatan Apakah bapak juga aktif dalam kegiatan PMKRI
    sebab saya pernah mempunyai seorang pastor yang aktif mengajari seni drama semasa aktif dalam kegiatan PMKRI unitomo.
    Terima kasih banyak atas pengertian bapak dan mohon maaf jika ada yang kurang berkenan .
    saya berharap bapak berkenan membalas nya lewat surat karena besar keinginan saya untuk memperdalam bidang kesusasreraan terutama di bidang nobel.
    hormat kami
    Dr gatot malaisianto thD
    kedung tarukan wetan 1 surabaya

  15. saya sangat suka skali dengan antologi Kenduri Air Mata, dlu prnah punya tp skarang hilang d bawa teman….

    salam hngat buat pak Agus

  16. Selamat pagi pak. Saya mahasiswi pend. bahasa jerman dr uny. Sy ingin sekali berdiskusi dengan bapak tentang kumpulan puisi dari bertolt brecht yg pernah pak agus editorkan bersama Herr Damshaueser. Kebetulan skripsi yg saya ambil mengenai konflik sosial dalam puisi Die Buecherverbrennung, An die Nachgeborenen und die Schlechte Zeit fuer Lyrik. Koennen Sie mir helfen? Ich kann noch nicht verstehen. Bisa tidak ya kalau saya berdiskusi hanya melalui email saja begitu? danke schoen…

  17. Assalamualaikum… pak..

    nama saya Muhammad Arif Hidayat, saya mahasiswa dari UNJ Jurusan bahasadan sastra Indonesia.
    saya di beri tugas oleh dosen mata kuliah apresiasi sastra untuk mencari soulmate dari kalangan sastrawan…

    mau kah bapak Agus menjadi solmate saya???

  18. Terima kasih atas balasan e mail yang memberi kesempatan kepada saya untuk tetap melakukan komunikasi lewat e mail kepada bapak agus sarjono yang pernah memberikan banyak bimbingan akademis dalam bidang sastra dan filsafat saat saya masih aktif dalam kegiatan PMKRI dan festival puisi dan drama. lewat email yang saya kirim saat ini, saya ingin menanyakan apakah bisa mengirimkan naskah ke panitia winter nachten poezie festival secara langsung ke denhaag ? sebab telah beberapa kali saya mengirimkan beberapa puisi baik dalam bahasa inggris ataupun bahasa belanda ke den haag tetapi justru yang mendapat response dari koninkrijk der nederlanden nobel vaak yang saat ini saya tekuni.
    semoga Bapak tidak keberatan untuk memberi penjelasan tentang prosedur mengikuti winter nachten poezie festival sebab Bapak pernah ikut serta. terima kasih banyak dan semoga saya bisa mendapatkan buku anthology poezie winter nachten festival di den haag.
    hormat kami
    Gatot malaisianto mph,thd [koninkrijk der nederlanden literatuur nobel academy student]
    kedung tarukan wetan 1 surabaya

    1. vergeef mij astublif indien ik moet schrijven e mail in nederlaantaal omdat ik wenz te hebben confirmatie voor anthology poezie book dat ik wenz te krijgen van u. en ik wenz te begrijven de richten te mee winter nachten poezie festival in den haag.ik verwacht u graag te vertellen de procedure te mee dat prograama aan mij.
      laat mij begrijven ook als u geef voorleizing in recht facultietvan indonesia universitiet. open heartig ik wenz te bezoeken en te onmoeten u voor literatuur werk consultatie als ik heb uw verdedulijking en graag u te vertellen waar u blijf.
      dank u well. ik verwacht uw aanwoorden heel zneel
      gatot malaisianto thd.mph( koninkrijk der nederlanden nobel academy student)
      kedung tarukan wetan 1 surabaya.

  19. keren banget bang, salut deh, btw saya pernah ketemu anda pada saat seminar bahasa di TMII, soal UTS saya mengkaji puisi “sajak Palsu” anda loh, sesuatu banget dan mengena. semangat!

  20. ” SELAMAT TAHUN BARU 2013 ”
    SEMOGA DAMAI SEJAHTERA DAN KEBAHAGIAAN DAN KESUKSESAN MENYERTAI TUGAS MULIA YANG DI EMBAN PAK AGUS R SARJONO.
    Apakah Pak Agus ikut winter nachten poezie festival di denhbg pada bulan januari 2013? mohon kerelaan pak Agus untuk memberikan katalog anthologi puisinya sebagai tambahan referensi pustaka dalam mempelajari nobel kesusasteraan.
    www: gatot malaisianto.com

  21. pak Agus Aku ingin sekali mendapat katalog anthologi winter nachten poezie festival denhaag dan booklet tentang nach van poezie festival Utrech
    Bagaimana prosedurnya.
    Jika Bapak berkenan saya ingin bersilaturahmi untuk konseling di bidang nobel kesusasteraan.
    Terima kasih.

  22. selamat sore mas Agus..
    Aku Mahasiswa Tingkat Akhir Universitas Sultan Ageng Tirtayas Serang-Banten, Skripsiku membahas Kritik sosial yang ada pada naskah drama ATAS NAMA CINTA Tragedi Komedi 5 Babak.
    mohon bantuan diskusi yah mas…
    salam kenal…^_^

  23. Pak, masih ingatkah dengan saya Fitria Ahibba Linna 10 lomba cipta dan baca puisi pada festival siswa UKS tahun 2011 di TMII? Sekarang saya sdg mengikuti FLS2N SMA tk. provinsi cab. baca puisi dan saya membacakan karya bapak yaitu “Sajak Agustusan”. Semoga saya menampilkannya dgn baik.

  24. selamat malam pak, saya mau tanya. Apakah ada yang sudah menulis penelitian atau essai orang lain pada naskah drama Atas Nama Cinta Komedi Tragedi 5 Babak. ? saya coba mencari belum ada yang membicarakan naskah drama tersebut. Atau mungkin saya kurang teliti untuk mencari datanya. hal Ini saya butuhkan sebagai kajian relevan penelitian sastra terhadap naskah drama tersebut pak. Jika ada yang sudah membahasnya, siapa kah penulisnya? . bimbing dan bantuannya pak. Terimakasih sebelumnya.

  25. Assalamualaikum… pa
    saya sedang mencari puisi “doa iblis suatu malam” yang pernah saya dengar di satu radio tegal pada bulan ramadhan, dimana kah saya bisa download versi mp3 nya, dulu saya pernah merekam nya waktu acara radio tersebut, di karenakan hp rusak , rekamanya hilang deh, saya suka banget dengerinya,

  26. Hi Pak,

    Saya sangat berminat bisa menjadi penulis puisi (poet) dan beberapa karangan saya sudah saya masukkan ke blog saya, namun saya sadar masih terlalu banyak kekurangan yang ada, bimbingan dan arahan dari Bapak tentunya akan sangat bermanfaat.
    Kiranya, jika Bapak berkenan..izinkan saya berbincang mengenai ini melalui email atau telepon.
    Terimakasih.
    Saya menunggu balas dengan penuh harapan.

  27. Apa kabar pak Agus. Saya membutuhkan informasi literature karya roman ingarden ” Das Literarischen kunstwerk dan jika bapak tidak keberatan apakah bapak tidak keberatan saya ingin mendapat penjelasan di halaman berapa saya bisa menemukan pembahasan stratum das literaschen kunsterk inm ingarden anthologie jika bapak meliki referensi dan pernah mengajarkannya. jika bapak memberikan kuliah bahasa jerman di FS Unitomo mohon diberi tahu ya pak. tks

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s